Gambar Ilustrasi
HARIANPUNCU – Di Desa Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, bukit-bukit dan pegunungan menjulang adalah pesona “magis” yang menyihir wisatawan. Puncu adalah kecamatan di lembah dataran tinggi Kelud, gunung api aktif di Indonesia.








Bulan malam ini tampak begitu indah. Bundar, putih, dan terang.


Kamis (18/8/2016), memang sedang terjadi gerhana bulan penumbra. Fenomena itu unik sebab terjadinya gerhana tak diikuti dengan perubahan warna bulan menjadi merah darah. Alias, gerhananya tak kasat mata.



Gerhana bulan penumbra bisa terjadi karena walaupun Bulan, Bumi, dan matahari terletak pada satu garis lurus dan memungkinkan terjadinya gerhana, Bulan berada pada bayang-bayang tambahan atau penumbra.
Selain itu, atmosfer juga memengaruhi. Komposisi gas, partikel debu, hingga polutan bisa membuat Bulan tampak lebih merah, kekuningan, atau lebih buram dari biasanya.
Sementara, bundar dan tidaknya bulan bisa dipengaruhi oleh fase bulan itu sendiri atau karena awan yang "memotong" bulan dari pandangan manusia.

Walaupun purnama sebenarnya fenomena biasa, tetapi menikmatinya tetap saja indah. Lebih indah lagi, malam ini tampak Mars di sisi barat. Bila memiliki teleskop, Anda pun bisa melihat Uranus dan Saturnus. Selamat menikmati langit malam yang cerah...

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: